Pengalaman Orang Tua Memiliki Anak ADHD

Pengalaman Orang Tua Memiliki Anak ADHD

Berikut ini, adalah pengalaman seorang ibu yang mempunyai anak ADHD. Dia sangat menyadari, bahwa anaknya merupakan amanah, “orang tua harus mencari tahu, meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang sisi mana yang dapat di kembangkan karena anak yang memiliki kelainan kadang-kadang memiliki kelebihan yang luar biasa”
Photo http://childdevelopmentinfo.com

Anak Adalah Amanah

Memiliki anak sehat, sempurna lahir dan batin adalah harapan semua orang tua. Manakala harapan itu tidak sesuai dengan kenyataan, haruskah takdir Allah menjadi bahan penyesalan ? Manusia hanya berencana, tetapi Allah-lah yang menentukan segalanya, begitu pun ‘anak’.

“Anak adalah amanah-Nya Allah, bukan aib, hanya titipan, bukan milik kita”. Apakah kita berhak menggugat jika titipannya ternyata tidak seperti anak-anak yang lain? Kita hanya ditugaskan menjaga dan mengasuhnya dengan cinta kasih karena ia titipan Allah yang Rahman dan Rahim-Nya tidak pernah surut dari sisi kita. Bukan tugas kita menilai apakah seorang amanah-Nya yang bernama siapapun layak menjadi anak kita atau tidak?


Anak berkebutuhan khusus pun amanah bagi kita, orang-orang yang berada di sekitarnya, baik sebagai tetangga, teman, maupun kerabat. Untuk menjalankan amanah itu dengan baik harus di mulai dengan upaya memahami mereks apa adanya.


Oleh karena itu, setiap pasangan harus siap menerima amanah Allah yang Ruhnya dititipkan ke rahim ibunda. hal itu berarti siap menerima seluruh kondisi dan keadaannya tanpa kecuali. Adanya rasa sedih bahkan kecewa dari orang tua yang memiliki anak tidak sempurna adalah wajar karena hal itu adalah sesuatu yang sifatnya manusiawi. Perlu diingat, bahwa saat ini kita sedang di uji oleh-Nya. Siapa saja yang di kehendaki Allah SWT suatu kebaikan maka Allah akan memberi suatu ujian. 


Peneriamaan atas kehendak Allah tidak dapat diartikan sebagai sikap katalis, pasrah tanpa berbuat sesuatu, tetapi harus diuapayakan dengan menumbuhkan usaha-usaha positif yang dapat meminimalkan atau memunculkan potensi anak. 


Dibituhkan ketangguhansetiaptua untuk memahami, membaca, dan terus mempelajari perkembangan anak, serta selanjutnya menyikapi dan mengembangkan aspek-aspek kelebihan anak.

Sejak ia mempunyai anak ADHD, ada empat sikap orang tua yang harus dikedepankan, yaitu bersikap sabar, selalu jeli, kreatif, dan tanggap.//Sumber : buku anak ADHD.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »